KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

Sopwan Adi Suprayitno

Abstract



ABSTRAK


Pola pembelajaran tradisional merupakan pola pembelajaran yang mudah diwarisi secara turun temurun dalam praktek pembelajaran di sekolah. Pola ini memang mudah dilaksanakan. Ciri utama pola pembelajaran ini adalah target penyelesaian pada buku ajar/ paket yang utama. Kenyataan ini membuat guru kurang memberdayakan kompetensi siswa, salah satunya adalah keterampilan sosial
sebagai motor internal siswa dalam belajar. Keterampilan sosial teruji secara empiris mampu mendorong siswa berprestasi secara akademik dan sosial, oleh karena itu perlu kajian dalam pemilihan strategi pembelajaran yang mampu menumbuhkan keterampilan sosial.

Kata Kunci: keterampilan sosial, strategi pembelajaran kooperatif jigsaw.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

FALASIFA has been indexed by :

               


Guarded By:

Special Guarded :
 

Secondary Guarded

Plagiarism Checker & Plagiarism Detection. DON'T DUPLICATE.

 

Under The Instructions :


 

Creative Commons License
Jurnal Studi Keislaman by FALASIFA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://ejournal.staifas.ac.id/index.php/falasifa/index.

Editorial Address: Jl. Semeru No. 09 Kencong Jember
Post Code: 68167 Telp.
(0336) 324249. Contact Person: 082331288750
Web: http://staifas.ac.id, OJS: https://ejournal.staifas.ac.id


Map Coordinate : Lat -8.2724687 ; Long 113.37040720000005

View My Stats